Jumat, 30 Maret 2012

Sumber Air Panas Tempuran

Sumber Air Panas Tempuran begitulah nama tempat wisata pemandian air panas yang ada di Kecamatan Paron ini. Mengapa di sebutan sumber air panas tempuran? Pertama kali mendengar saya berpikir, bahwa munculnya sumber air panas ini berada di pertemuan dua buah sungai atau tempuran (jawa). Rupanya anggapan saya salah, ternyata sebutan nama sumber air panas tempuran untuk sumber air panas ini karena berada di desa tempuran. Maklum, meski mbelis tapi kalau bicara soal Ngawi atau Sejarah Ngawi masih kuper karena jarang di rumah.
(hehe hehehe, malu dhe aku jadinya)

Asal mula tempat wisata menarik sumber air panas ini, menurut orang-orang di sekitar sumber tersebut, di temukan tanpa sengaja, awal rencana adanya sebuah pengeboran bertujuan untuk Program Air Bersih yang dilakukan oleh PT Jasa Raharja. “Tapi baru dibor sekitar 400-meter airnya sudah menyembur sendiri bahkan terasa panas dan mengandung belerang” kata beberapa warga setempat. Akhirnya pengeboran dihentikan dan air yang keluar dimanfaatkan oleh warga sekitar.

Konon, kata orang-orang di sekitar, mandi di sumber Air yang ditemukan secara tidak sengaja itu bisa membuat awet muda. Bagaimana kebenaranya?, semua tergantung logika anda. Tapi apapun alasanya, kalau mandi di sumber Air Panas Tempuran ini, airnya lumayan segar dan hangat, itu yang pasti. Dan dengan di temukanya sumber air panas yang mengandung belerang ini, bisa mengangkat desa tempuran dan menjadi tempat wisata. Sebab menurut kabar yang saya dengar, tahun ini pemerintah daerah kabupaten ngawi mencanangkan “VISIT NGAWI YEAR 2012”

Semoga dengan munculnya sumber air panas tempuran ini, pemerintah setempat segera tanggap dan serius untuk mewujudkan “VISIT NGAWI YEAR 2012”, bukan untuk sementara tapi untuk seterusnya, sehingga Ngawi bukan lagi sebagai tempat perlintasan tapi tempat tujuan (seperti kata Pak Setda) khususnya di bidang pariwisata. Sebab Kabupaten Ngawi memiliki banyak tempat-tempat wisata menarik di Ngawi, baik Obyek Wisata Alam,Sejarah dan Purbakala, seperti Air Terjun Pengantin, Musium Trinil, Arca Banteng dengan benda cagar budaya yang ada di situs arca banteng  dan masih banyak tempat yang menarik lainya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright 2012 Oca Sulistya
Theme by Oca Sulistya