Sabtu, 31 Maret 2012

Situs Powan Di Dusun Powan, Desa Ketanggung, Kecamatan Sine

Situs Powan di Kabupaten Ngawi, Jawa Timur: Sebuah Hipotesis Mengenai Lokasi Keraton Pawwanawan
Sinopsis
Situs Powan di Kabupaten Ngawi, Jawa Timur:
Sebuah Hipotesis mengenai Lokai Keraton Pawwanawan,
Kerajaan Daerah Bawahan Majapahit

Oleh: Tri Marhaeni SB

Situs Powan terletak di Dusun Powan, Desa Ketanggung, Kecamatan Sine, Kabupaten Ngawi, Provinsi Jawa Timur. Situs ini merupakan tanah tegalan yang berbatasan dengan hunian penduduk di sebelah utara dan timur, tanah tegalan di sebelah selatan dan Sungai Sawur di sebelah barat.

Berdasarkan cerita rakyat yang berkembang di daerah sekitar situs, diketahui bahwa penduduk setempat percaya bahwa di situs tersebut pernah berdiri sebuah keraton bernana Powan yang sejaman dengan Kerajaan Majapahit. Pengucapan Powan mengingatkan pada Pawwanawan yaitu nama sebuah kerajaan daerah bawahan Majapahit yang disebutkan dalam kakawin Nagarakertagama.

Seluruh situs di sekitar Powan beserta toponim dusun mungkin tidak hanya menujukkan tingginya intensitas pengaruh Hindu, melainkan menunjukan pula adanya masyarakat yang telah mampu mengikuti arus peradaban waktu itu. Masyarakat semacam itu tentu telah hidup dalam suatu tatanan yang teratur di bawah suatu pemerintahan. Kerajaan Mataram Kuna, Kadiri, Singhasari atau Majapahit merupakan pusat kebudayaan atau pemerintahan yang pernah berkembang waktu itu dan paling mungkin kekuasaan atau pengaruhnya menjangkau kawasan Powan.
Keraton Powan, Cagar Budaya, Situs Kuno, Sejarah Hari Jadi Ngawi, Nama-nama Bupati Ngawi, Sejarah arca Banteng, Air Terjun Selondo, Air Terjun Pengantin, Sumber Air Panas Tempuran
Sumber : Balai Arkeologi Palembang

0 komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright 2012 Oca Sulistya
Theme by Oca Sulistya