Rabu, 28 Maret 2012

Sedekah Bumi

Sedekah Bumi di sebut juga dengan istilah Perti Bumi, Sedekah Dusun, Bersih Desa atau Metu Desa/Metu Deso. Tradisi Sedekah Bumi merupakan sebuah ritual adat yang biasa di lakukan oleh masyarakat jawa, dan dalam pelaksanaanya tiap dusun memiliki ciri khas-nya masing-masing. Biasanya ciri khas ini tergantung dari kearifan lokal dan mitos yang masih di percaya dan di jaga kelestarianya atau di uri-uri
(jawa). Bila di artikan secara jelas, sedekah bumi berarti menyedakahi bumi atau niat bersedekah untuk kesejahteraan bumi dan apa saja yang tinggal/berada di dalamnya.

Melihat dari semua itu, rupanya sedekah dusun sangat perlu di lakukan dan bermanfaat. Karena bumi pada hakikatnya sebagai tempat hidup dan bertahan hidup bagi semua makhluk yang ada didalamnya, maka sudah selayaknya kita sebagai manusia yang sejatinya adalah khalifah di muka bumi ikut menjaga dan mendo'akan untuk keselamatan dan kesejahteraannya. Bila bumi sejahtera, tanah subur, tentram, tidak ada musibah, maka kehidupan di bumi pun akan terjaga dan manusia pun pada akhirnya yang memetik dan menikmati kesejahteraan itu.

Munculnya tradisi sedekah bumi di pengaruhi oleh beberapa mitos yang berhubungan dengan terjadinya sesuatu/suatu tempat di sebuah desa atau dusun, yang di keramatkan dan menjadi cikal-bakal oleh masyarakat setempat. Karena kultur sosial budaya bernuansa khas jawa yang masih kental dan melekat pada waktu di selenggarakanya acara sedekah bumi, maka tak mengherankan jika keberadaan sedekah bumi telah menempatkanya sebagai bagian dari keragaman budaya yang ada di Indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright 2012 Oca Sulistya
Theme by Oca Sulistya