Minggu, 26 Februari 2012

Dhalang Poer

Namanya Dalang Poer.  Entahlah.., saya tidak tahu siapa nama lengkapnya. .???
Apakah itu Poerwanto, Poernomo, Poerwadi, atau Poer yang lainya juga kurang jelas.  Gelar Dhalang  didepan namanyapun saya juga tidak bisa menjelaskan apakah memang dia seorang dhalang, atau profesi lain yang seirama dengan dalang,atau sekedar  “paraban” karena kepintarannya mengolah gendhing dan musik serta mbabar lelakon dalam cakepan-cakepan gending jawa sayapun juga tidak tahu.

Entah kenapa saya seringkali tertarik dengan karya seniman yang satu ini.  Padahal, dengan pengetahuan music standard saja kita bisa tahu bahwa tidak ada yang istimewa dalam karya musiknya. (Ma’af Kang Dhalang Poer : ini tidak bermaksud mencela loh).
Mungkin kekuatan Kang Poer adalah pada kemampuannya mengartikulasi sebuah lakon dalam syair lagu dengan cara yang ringan dan sederhana itulah yang membuat Beliau terlihat istimewa (dalam padangan saya pribadi).  Bahkan lebih mendekati “guyon parikena”.  Oleh karenanya saya berusaha untuk bisa mengenal lebih dekat dengan sosok eksentrik ini.
Tak gampang tentunya mengenal sosok yang satu ini apalgi memasukkan nama saya dalam next list temannya.  Hal ini bukan karena beliau yang tertutup tetapi lebih karena minimnya refrensi saya tentang beliau ditunjang lemahnya pengetahuan saya tentang music dan ilmu-ilmu social. 

Hingga akhirnya saya tahu bahwa beliau memiliki account di facebook.  Persetan dia menjawab sendiri atau diwakili asistennya,saya add saja untuk masuk dalam list fiend saya.  Dan akhirnya dengan bangga saya katakana pada anda,bahwa seniman nyentrik ini adalah teman saya.Pertemuan saya dengan Dhalang Poer pertama kali di lantai dua Dishub pada waktu BPC-Bentang Pendhem Club (Komunitas Blogger Ngawi)  mengadakan seminar. Yang kedua di LSI-Langgar Sawo Ijo (Tempat/Rumahnya Mas atonk),Yang ketiga di Bahana-FM waktu Dhalang Poer melakukan pagelaran wayang techno dalam rangka refleksi kepahlawanan.

Meski beberapa kali sempat bertemu,saya maklum dan sadar kalau bocah mbelis hanyalah manusia biasa dan tetunya andai bertemu Dhalang Poer lagipun dia pasti lupa lagi dan lupa lagi.
Begitulah cerita saya kali ini tentang Dhalang Poer yang tidak pernah saya tau sebenarnya Beliau ini siapa.
Salam..!!!

Note : 
  • Gambar 1 - Foto Profil Dhalang Poer Di Face Book
  • Gambar 2 - Dhalang Poer bersama Pak Abid
  • Ilustrasi Musik : Langit Mendung Kutha Ngawi Oleh Dhalang Poer



0 komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright 2012 Oca Sulistya
Theme by Oca Sulistya