Senin, 20 Desember 2010

Dampak Kapialis Global

Globalisasi yang melanda dunia saat ini dampaknya bukan hanya dalam bidang ekonomi tapi juga kultur dan pemerintahan,globalisasi menyebabkan batas-batas negara dan budaya menjadi kabur.kemajuan tehnologi komunikasi,transportasi dan informasi yang sedemikian hebat membuat "hilangnya" batas ruang dan waktu.

Orang dapat berpergian kemana saja dengan cepat dan murah,orang juga dapat memperoleh informasi apa saja dengan cepat dan lebih akurat. Tayangan live CNN dalam perang teluk membuat orang seolah masuk dan terlibat dalam masalah perang teluk.

Orang pun dapat saling berkomunikasi dengan murah dan cepat. Akibatnya masalah lokal dapat menjadi masalah internasional dan berdampak luas. Seruan pembakara Al Quran oleh Terry Jones yang terjadi di suatu daerah di Florida, AS, menjadi masalah internasional.
Hal ini tidak akan terjadi pada jaman sebelum globalisasi.
Globalisasi adalah sistem ekonomi yang mendasarkan dirinya pada neoliberalisme. Sistem ini digencarkan oleh Margaret Thatcher, perdana menteri Inggris (1979-1990) dan Ronald Reagan, presiden Amerika Serikat (1981-1989).
Mereka membuat kebijakan-kebijakan baru yaitu berusaha menciptakan sebuah sistem perdagangan pasar tunggal.

Bagi mereka dunia adalah pasar terbuka dimana setiap negara berhak menjual barangnya ke negara lain tanpa kesulitan. Sebuah negara dapat juga mengirimkan tenaga kerjanya ke negara lain. Mereka mengajak beberapa negara untuk bergabung dalam pasar bebas dengan aturan-aturan baku. Sistem ini disatu sisi mampu mengangkat perekonomian rakyat negaranya, sehingga mereka terpilih sampai dua kali. Namur disisi lain kebijakan mereka sangat merugikan negara lain terutama negara miskin dan berkembang serta masyarakat miskin di negaranya sendiri.

0 komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright 2012 Oca Sulistya
Theme by Oca Sulistya