Jumat, 13 April 2012

SEDEKAH DUSUN LENDOH 2012

Sedekah Dusun Lendoh 2012-Karnaval Budaya Dusun Lendoh,Bedono,Jambu

Sedekah Bumi atau Sedekah Dusun merupakan sebuah wujud syukur masyarakat setempat pada apa yang telah di peroleh, sebagai perwujudan bentuk doa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa atau pada pangreksa bumi untuk kelestarian dan kesejahteraan semua yang ada di dalamnya. Bentuk ritual adat yang dilakukan oleh masrakat dusun Lendoh ini meliputi berbagai hal, dan di selenggarakan setiap tahun, namun ritual adat sedekah dusun lendoh dirayakan secara besar-besaran setiap dua tahun sekali.


Seperti halnya tradisi sedekah dusun yang di lakukan oleh masyarakat dusun lendoh kelurahan Bedono pada hari Rabo Wage bulan Jumadil awal, rupanya menarik perhatian banyak orang, karena semua anggota masyarakat turut terlibat di dalamnya tanpa terkecuali para pengendara yang melintas di jalan raya Semarang-Jogja. Perayaan sedekah dusun lendoh di rayakan dengan berbagai pertunjukan yang tersebar di seluruh RT di Dusun Lendoh, dan kebetulan perayaan kali ini RT 03 sebagai tuan rumah/penyelenggara, sehingga semua bentuk kegiatan berpusat di RT 03. Pada awal acara, pagi hari mulai diadakan sebuah ritual denga bentuk selamatan yang di lakukan oleh seloruh warga, dan pada siang harinya di lanjutkan dengan pertunjukan atau pagelaran Wayang Kulit. Di sela pertunjukan Wayang Kulit di gelar, masyarakat lendoh mempersiapkan diri untuk melakukan pawai arak-arakan atau karnaval. Karnaval perayaan kali ini mulai dari Dusun Lendoh melewati rute jalan raya Semarang-Jogja, pasar bedono, Dusun Candi, dan kembali lagi ke Dusun Lendoh sebagai star sekaligus menjadi finish/akhir dari arakan-arakan.

Sementara, urutan dari pawai karnaval kali ini yaitu :
1. Sepanduk Dusun.
2. Bendera Merah-Putih Dan Garuda Pancasila.
3. Pejabat Dan Perangkat Desa/Dusun.
4. Gunungan Tumpeng Agung.
5. Gunungan Tumpeng Palawija Dan Pengiring.
6. Gunungan Tumpeng Buah.
7. Icon Kerbau.
8. Barongsai.
9. Gagar Mayang.
10. Drum Band SMA-Sudirman.
11. Cerry Bell Anak-Anak.
12. Pertanian/Hasil Bumi/Replika Jagung.
13. Reog Dari Temanggung.
14. Pertanian/Hasil Bumi/Replika Lombok.
15. Elang Hitam dari Tegal Rejo.
16. Pertanian/Hasil Bumi/Replika Ketela.
17. REog Dari Kwayahan.
18. Peternakan/Hasil Peternakan/Replika Patung Sapi.
19. Menak Koncer dari Gemawang.
20. Peternakan Bulus.
21. Topeng Ireng dari Jenganti.
22. Gagar mayang.
23. Thek-thek Ibu-ibu/Kesenian tetek.
24. Reog Dari Wawar Kidul.
25. Berbagai Badut Dan lain-lain.
26. Drum Band MTS Grabag.
27. Keagamaan/Katolik.
28. Reog Bedono Krajan.
29. Keagamaan/Islam/Langgar/Masjid/Replika Ka’bah dan Al-Qur’an.
30. Reog Dari Tuk Bugel.
31. Aneka Kebudayaan Jawa.
32. Topeng Ireng dari Josari.
33. Konvoi Sepeda Hias.
34. Konvoi Sepeda Motor.
35. Mobil Hias/TK-ABA.
36. Mobil Hias/Umum.
37. Mobil PPPK.

Setelah Semua arakan-arakan ini selesai, semua aktivitas di hentikan karena telah menjelang magrib. Dan untuk selanjtnya, yang menjadi puncak acara dalam rangka Sedekah Dusun ini adalah Pagelaran Wayang Kulit semalam suntuk. Kemudian, pada hari minggu ada pertunjukan Tari Angguk di lanjutkan pertunjukan campur sari pada malam harinya, dan pada hari minggu selanjutnya masih ada pertunjukan reog.

Nah, begitulah rangkaian acara dan karnaval sedekah dusun lendoh 2012 yang sempat saya catat di sela perjalanan saya dari jogja menuju jepara pada saat mampir ke tempat teman yang kebetulan sedang ada ritual sedekah bumi ini, semoga bisa bermanfaat dan bisa menjadi motivasi bagi desa-desa di tanah air demi kelestarian bidaya dan tradisi di negeri ini.

0 komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright 2012 Oca Sulistya
Theme by Oca Sulistya